X

Varietas Sorgum (Sorghum spp)

Post Terkait

Jumat, 31 Januari 2020
by :

Varietas Sorgum (Sorghum spp)

Sorgum merupakan tanaman tergolong kedalam famili rumput-rumputan (poaceae),jenis-jenis tanaman biji-biji (serealia) dan merupakan tanaman penting ke-lima(5) dunia setelah; jagung, beras, gandum, barley (jelai). Memiliki morfologi berakar serabut,batang berbuku-buku dan berdiri tegak,bentuk daun melengkung,bunga tumbuh dari malai terdapat pada ujung batang.sistem pembungaan tergolong hermafrodit (satu tanaman terdapat kelamin jantan dan betina) dan tanaman sorgum terlihat seperti tanaman jagung.

Potensi Kandungan Nutrisi pada tanaman sorgum antara lain; protein, lemak, karbohidrat, air, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), Besi (Fe) dan magnesium (Mg).oleh karena itu pemanfaatan sorgum secara luas dilakukan bidang industri;bahan pangan, bahan pakan ternak dan bahan bakar alternatif (Bioetanol).Tanaman sorgum memiliki adaptasi tinggi terhadap lahan yang kurang subur dan tahan terhadap kekeringan.tanaman sorgum tumbuh baik diketinggian ± 0 -700 dpl,dengan suhu 23°-34° C, kelembapan 20-40 %,dengan keasaaman tanah (pH)5,5-7.5.tanaman ini berasal Afrika tepat di negara Ethiopia dan Sudan beriklim Panas (tropis) sebelum masuk ke Indonesia melalui pintu Asia Tenggara.

Jenis-Jenis Varietas Sorgum

Varietas Sorgum Tortillero
Jenis varietas sorgum ini dikembangkan di Burkina Faso, Afrika Barat.memiliki keunggulan antara lain; memiliki tingkat adaptasi tinggi dan kondisi kering,tanah yang kurang subur dan menghasilkan biji berkualitas.

sorgum-tortillero-aktifis-pertanian-organik
sorgum-tortillero-aktifis-pertanian-organik



Varietas Sorgum Milion
Jenis varietas sorgum ini berasal dari Sudan,Afrika.jenis sorgum ini memiliki keunggulan antara lain; produktifitas sorgum tinggi dan memiliki kemampuan bertunas tinggi setelah musim kering dan menghasilkan biji sorgum yang berkualitas.

sorgum-milion-aktifis-pertanian-organik
sorgum-milion-aktifis-pertanian-organik


Varietas Sorgum Pahat
Jenis varietas sorgum ini dihasikan secara pemulian dengan mengunakan sinar radiasi sinar gama oleh Badan Nuklir Nasional (Batan),varietas ini memiliki keunggulan antara lain ;mampu adaptasi terhadap lingkungan dilahan kering dan lahan marginal, produktifitas mencapai 5 ton/ha, umur panen pendek (95 hari) dan tolerean terhadap lahan kadar keasaman tanah tinggi Jenis sorgum ini banyak dibudidayakan secara tumpang sari (polyculture).

sorgum-pahat-aktifis-pertanian-organik
sorgum-pahat-aktifis-pertanian-organik

Varietas Sorgum Numbu

Jenis varietas sorgum ini berasal dari Negara India,jenis sorgum ini memiliki keunggulan antara lain;umur panen surgum bisa ± 100-105 hari, Produktifitas hasil dapat mencapai 4,0-5,0 ton/ha, tahan terdapat penyakit karat dan bercak daun, memiliki kandungan nutri tinggi seperti (protein :9,12 %,lemak :3,94 % dan karbohidrat :84,58 %). dan dapat ditanam di lahan sawah maupun tegalan.

sorgum-numbu-aktifis-pertanian-organik
sorgum-numbu-aktifis-pertanian-organik


Varietas Sorgum Kawali
Jenis varietas sorgum ini tergolong jenis sorgum unggul yang berasal dari Negara India,jenis ini mulai dikembangkan di Indonesia. jenis sorgum ini memiliki keunggulan antara lain;umur panen surgum bisa ± 100-110hari, Produktifitas hasil dapat mencapai 4,0-5,0 ton/ha, tahan terdapat kerebahan,penyakit karat dan bercak daun, memiliki kandungan nutri tinggi seperti (protein :8,81 %,lemak :1,97 % dan karbohidrat :87,87 %). dan dapat ditanam di lahan sawah maupun tegalan.

sorgum-kawali-aktifis-pertanian-organik
sorgum-kawali-aktifis-pertanian-organik

Tidak ada komentar

Tidak ada komentar X

Posting Komentar

Recent Post

Gerakan Pertanian Organik

Mengembalikan Kejayaan Bumi Nusantara

Gerakan Pertanian Organik dimaksudkan untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia dengan menggantikan pupuk yang berbasis organik sehingga diharapkan mampu mengembalikan kesuburan tanah pertiwi
Copyright ®️ 2020 | APO All Right Reserved